Cara Record Google Meet di Laptop Tanpa Aplikasi

Semenjak pandemi, melakukan konferensi melalui video semakin sering dilakukan. Salah satu aplikasi yang menunjang kebutuhan ini adalah Google Meet. Tentunya ada cara record Google Meet di laptop tanpa aplikasi yang bisa dilakukan agar hasil rapat bisa dibagikan ke seluruh peserta.

Google Meet menyediakan kapasitas 100 orang peserta untuk sekali rapat dengan durasi 60 menit. Tersedia juga fitur untuk kebutuhan sekolah dan bisnis yang memungkinkan jumlah peserta rapat hingga 250 orang. Dengan layanan ini, belajar hingga konferensi online semakin mudah dilakukan.

Rekam Video Google Meet dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk menunjang proses rapat atau belajar, Google Meet menyediakan banyak fitur termasuk fitur record. Dengan fasilitas ini, pengguna tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan untuk merekam proses rapat. Nantinya hasil akan tersimpan di Drive dan dapat dibagikan pada orang lain.

Fitur record hanya tersedia pada Google Meet yang diakses melalui komputer atau laptop. Bagi pengguna ponsel, fitur ini tidak akan ditemukan dan hanya akan mendapat pemberitahuan meeting sedang direkam. Pengguna bisa merekam melalui browser atau aplikasi Google Meet langsung. Berikut caranya:

1. Merekam Melalui aplikasi Google Meet

Bukalah aplikasi Google Meet yang ada di perangkat. Saat video meeting dimulai, lihat tombol yang ada di bawah. Tekan “Activities” dan mulailah merekam dengan menekan tombol “Start Recording”. Ketika perekaman dimulai atau berhenti, peserta lain akan mendapat notifikasi.

Setelah rapat selesai, perekaman dapat diakhiri dengan menekan tombol “Stop Recording”. Rekaman pun akan berhenti secara otomatis saat peserta rapat keluar dan meninggalkan Google Meet. Hasil rekaman akan tersimpan di direktori “Drive Saya”.

2. Merekam Melalui Browser

Selain melalui aplikasi Google Meet secara langsung, cara record Google Meet di laptop tanpa aplikasi juga bisa melalui browser. Pengguna dapat mengakses undangan meeting dan menekan “Join Meeting” agar bergabung ke Google Meet via browser. Setelah bergabung, tekan “Activities” dan pilihlah opsi “Record”.

Mulai proses perekaman dengan menekan tombol “Start Recording”. Akan muncul jendela baru untuk memulai proses record dan pengguna dapat menekan “Start” sehingga Google Meet dapat merekam meeting yang berlangsung. Akhiri perekaman dengan menekan “Stop” dan video akan tersimpan secara otomatis.

Siapa Saja yang Dapat Merekam Ruang Meeting di Google Meet?

Tentunya tidak semua peserta dapat secara bebas merekam proses rapat secara langsung melalui Google Meet. Mulanya, platform ini membatasi pihak yang dapat merekam yakni host, penyelenggara rapat atau bagian penyelenggara saja. Pembicara yang login dengan akun Google Workspace juga dapat merekam.

Selain itu, agar dapat merekam meeting di Google Meet juga peserta rapat harus menggunakan akun khusus atau G Suite. Akun ini berbeda dengan akun Gmail biasa. Berikut akun G Suite yang dapat merekam di Google Meet:

  • Business Plus
  • Business Standard
  • Essentials
  • Enterprise Plus
  • Selanjutnya enterprise Standard
  • Enterprise Essentials
  • Teaching and Learning Upgrade (dapat digunakan bagi pengguna yang memiliki lisensi tersebut)
  • Education Plus (tersedia bagi pengguna yang memiliki lisensi ‘staff‘)
  • Education Fundamentals (tersedia bagi pengguna yang memiliki lisensi ‘staff’)

Jika akun pengguna termasuk ke dalam daftar di atas, maka pengguna diberi akses untuk merekam ruang meeting secara langsung dari fitur Google Meet. Hasil rekaman dapat dikirim pada peserta yang tidak sempat mengikuti meeting atau sebagai bahan pembelajaran.

Demikian cara record Google Meet di laptop tanpa aplikasi lain dan siapa saja yang bisa melakukan perekaman. Untuk membagikan hasil rekaman, pengguna dapat mengunduh hasil rekaman terlebih dahulu atau membagikan tautannya secara langsung.

 

You May Also Like