Dengan adanya ojek online, pencarian jasa transportasi ojek menjadi lebih mudah. Berbeda dengan ojek konvensional, ojek online membutuhkan akun yang didaftar para aplikasi resmi. Apabila pemilik akun mengganti nomor atau melanggar ketentuan, maka pemiliknya harus mengetahui cara pemulihan akun Gojek.
Saat ini, Gojek merupakan salah satu perusahaan ojek terbesar di Indonesia. Karena itu, Gojek terus mengembangkan kualitas layanannya agar dapat memuaskan pelanggan Gojek. Salah satu dari layanan yang dikembangkan yaitu kemudahan dalam memulihkan akun Gojek milik customer.
Cara Memulihkan Akun Gojek Jika Memiliki Nomor Baru
Bagi pemilik akun Gojek yang ingin mengganti nomor telepon baru, jangan khawatir. Sebab, pemilik masih dapat memulihkan akun Gojek yang menggunakan nomor lama. Namun, pastikan email yang digunakan untuk membuat akun Gojek dapat diakses. Berikut cara pemulihan akun Gojek pertama:
1. Buka Aplikasi Gojek
Mula-mula, buka aplikasi Gojek pada smartphone. Pastikan aplikasi Gojek sudah up-to-date untuk pengalaman terbaik. Lalu seperti biasa, tekan Masuk pada halaman pertama Gojek. Pada halaman selanjutnya, pembaca dapat memilih pilihan Saya Ganti No. HP pada bawah kolom pengisian nomor.
2. Gunakan Nomor Baru
Setelah itu, pembaca akan dibawa ke halaman pemulihan akun. Disini, pembaca tinggal menuliskan nomor HP lama yang digunakan untuk membuat akun Gojek tersebut. Nantinya pihak Gojek akan mengirimkan kode verifikasi ke akun email pembaca yang ditambahkan pada akun Gojek.
3. Lakukan Proses Verifikasi Email
Segera buka email yang sesuai dengan kemana pihak Gojek mengirimkan email kode verifikasi. Setelah pembaca menemukan email yang berisi kode tersebut, balik ke halaman Gojek dan segera isikan kode verifikasi yang didapat. Pastikan untuk mengisi kode dengan benar.
4. Tunggu Hingga Proses Verifikasi Selesai
Apabila berhasil, pembaca akan dihadapkan pada halaman selanjutnya yaitu pengisian nomor telepon baru. Pembaca tinggal mengisi kolom dengan nomor telepon yang ingin dipakai, lalu tunggu hingga pembaca mendapatkan SMS berupa kode verifikasi. Isikan kode dengan benar, lalu pilih Lanjut.
Cara Memulihkan Akun Gojek Jika Diblokir atau Dimatikan
Apabila akun Gojek yang dimiliki telah diblokir atau dinonaktifkan, maka cara pemulihan akun Gojek yang ditempuh berbeda. Gojek akan memblokir akun apabila ditemui aktivitas yang mencurigakan pada akun, atau melanggar ketentuan Gojek. Berikut cara pemulihan yang dapat dilakukan:
1. Cari Bukti Yang Dapat Digunakan Untuk Melapor
Biasanya, Gojek akan memunculkan notifikasi saat membuat order baru apabila telah dilakukan pemblokiran pada akun Gojek. Pembaca dapat memfoto atau screenshot informasi atau bukti yang dapat digunakan untuk membantu pemulihan akun Gojek saat mengunjungi kantor Gojek.
2. Melaporkan Ke Kantor Gojek Terdekat
Setelah menyiapkan info dan berkas yang penting, pembaca dapat menghubungi call center atau mengunjungi kantor Gojek terdekat. Disini, pembaca dapat melakukan laporan mengenai akun Gojek yang diblokir. Namun, tetap bersikap sopan saat melapor dan memberikan keterangan.
3. Ceritakan Tentang Hal Yang Terjadi Pada Akun
Pembaca dapat bercerita mengenai apa yang telah dibuat sebelum akun diblokir. Sebaiknya, pembaca bercerita dengan jujur. Apabila pembaca tidak merasa membantah peraturan, atau memang melakukan sesuatu yang dilanggar, katakan sejujurnya agar pihak Gojek mau menolong pembaca.
4. Tunggu Hingga Pihak Gojek Memberi Solusi
Terakhir, setelah semua usaha telah dilakukan, pembaca hanya tinggal menunggu sampai Gojek mau membantu memulihkan akun Gojek. Apabila pembaca sedang genting untuk mencari ojek online, menggunakan aplikasi online yang lain terlebih dahulu selagi menunggu proses.
Sekian pembahasan mengenai cara pemulihan akun Gojek bagi para customer, tergantung dengan kondisi yang dialami oleh akun. Kini, pembaca tidak perlu takut jika akun Gojek hilang atau dicuri. Karena begitu banyak fitur yang dibuat untuk memudahkan pengalaman menggunakan aplikasi.